Pemerintahan

SOSIALISASI PENGUATAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KARAKTER BANGSA BAGI GENERASI MUDA DAN TOKOH MASYARAKAT DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2022

SANANA-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku Utara menggelar Sosialisasi Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan dan Karakter Bangsa Bagi Generasi Muda dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2022 mengusung tema Dengan Memahami Nilai-nilai Kebangsaan, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air Dalam Mendukung Ketahanan Bangsa dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Daerah H. Zaidun, S.Pd., M.Pd mewakili Bupati Kepulauan Sula. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan, desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula. Kamis, 21/07/2022

Dalam acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Maluku Utara Muhlis Tawari, SH., M.Si beserta staff, Badan Kesbangpol Kepulauan Sula, Asisten II, para pimpinan OPD lingkup pemerintahan Kepulauan Sula, Dandim 1510 Sula yang diwakili oleh Kapten Inf. Harbun Buamona, dan tamu undangan yang terdiri dari pelajar dan tokoh masyarakat.

Sambutan Gubernur Maluku Utara K.H Abdul Gani Kasuba, Lc yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Daerah H. Zaidun, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula atas kerja sama dan kesediaan dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan.

Lebih lanjut, kemajuan dan perkembangan teknologi berdampak pada nilai-nilai kebangsaan perlahan memudar, ikatan nilai-nilai kebangsaan yang berhasil mempersatukan bangsa juga mulai merenggang. Hal itu tercermin dari budaya yang cenderung mengambil sikap yang mengarah pada tindakan kekerasan, main hakim sendiri, tindakan yang tidak berperikemanusiaan, serta kesadaran politik masyarakat yang minim.

“Kegiatan sosialisasi penguatan nilai-nilai kebangsaan dan karakter bangsa yang diselenggarakan ini sangat penting. Karena, kegiatan ini merupakan upaya membina dan memelihara persatuan dan kesatuan serta kebersamaan didalam kehidupan masyarakat. Selain itu, bertujuan membangkitkan rasa semangat kebersamaan dikalangan masyarakat sebagai cara pandang, arahan, pedoman, acuan dan tuntunan pada pola pikir, pola sikap,” tandasnya.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Bidang Birologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Badan Kesbangpol Provinsi Maluku Utara Drs. Malik Umabaihi menuturkan, tujuan dari sosialisasi yang diadakan merupakan bagian dari upaya untuk merefleksikan kehidupan kaum muda yang sarat toleransi dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika serta NKRI. Empat pilar tersebut harus menjadi tolok ukur antara sesama dalam menyikapi perbedaan, baik dari segi latar belakang, politik, maupun pandangan hidup antara satu sama lain.

Pewarta: Hilda Fatgehipon & Wirda Masuku
Editor: Anggi Buamona
Dokumentasi: Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close