Pemerintahan

PEMDA MENGGELAR MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) KE-IX TINGKAT KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2022

SANANA-Bertempat di depan Benteng De Verwachting, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula menggelar acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten dengan tema “Dengan MTQ Ke IX, Kita Wujudkan Bahagia Agamanya, Generasi Qur’ani yang Profesional di Kabupaten kepulauan Sula” secara resmi dibuka oleh Bupati Hj Fifian Adeningsi Mus, SH ditandai dengan menekan tombol sirine yang didampingi langsung oleh Unsur Forkopimda, Wakil Bupati Ir H.M Saleh Marasabessy, M.Si, Sekretaris daerah Muhlis Soamole, SH, dan Kepala kantor Kemenag Saiful Djafar Arfa, S.Pd., M.Pd. Selasa, (15/03/2022)
Rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran diawali dengan pelaksanaan pawai ta’aruf yang diiringi marching band dari Madrasah Aliyah Negeri Sanana dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Sanana, yang diikuti oleh 12 kafilah yakni; kecamatan Sanana Utara, kecamatan Mangoli Timur, kecamatan Sulabesi Tengah, kecamatan Mangoli Tengah, kecamatan Sulabesi Selatan, kecamatan Mangoli Barat, kecamatan Mangoli Utara, kecamatan Sulabesi barat, kecamatan Mangoli Utara timur, kecamatan Sulabesi Timur, kecamata Mangoli arat, kecamatan Mangoli Selatan, dan kecamatan Sanana. Selain itu, pawai tersebut juga turut diramaikan oleh partisipasi dari jamaah majelis talim, siswa-siswi sekolah dasar, menengah maupun atas di Kepulauan Sula.
Dalam sambutan Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Kepulauan Sula Saiful Djafar Arfa, S.Pd., M.Pd mengatakan, tuntutan hidup semua telah ada didalam Al-Quran, termasuk untuk urusan berbangsa dan bernegara. Maka, sudah sepatutnya kita lebih berhati-hati dalam menerima penafsiran teks Al-Quran. Untuk itu marilah kita benar-benar kembali kepada Al-Quran dan hadis tetapi dengan jalur tafsir para ulama yang tafsirnya itu sampai kepada Rasulullah SAW, menjadi seorang Hafidz Al-Quran itu menumbuhkan dan mengikuti apa yang telah diajarkan oleh ulama yang bersumber dari Rasulullah SAW. “Saya sebagai kepala kementerian agama menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menggelar secara meriah ditengah-tengah masyarakat ini menunjukkan keseriusan dalam membangun pembangunan dibidang keagamaan.” Ucap Kepala Kantor Kemenag.
Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus, SH dalam sambutannya mengatakan, Al-Quran merupakan kitab suci yang sarat dengan inspirasi dan motivasi agar umat manusia memperluas wawasan serta memperdalam ilmu pengetahuan kecintaan kepada Al-Quran. Beliau berharap melalui acara tersebut, akan muncul qori, qoriah, hafiz dan hafizah terbaik yang dipersiapkan untuk menjadi duta dari Kabupaten Kepulauan Sula pada MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara yang diselenggarakan di Kabupaten Pulau Morotai pada tanggal 20 Maret 2022.
“Kepada anggota dewan hakim yang dipercayakan oleh para peserta, saya berharap agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam menilai dan memberikan keputusan setiap mata lomba.”tandas Bupati di sela-sela acara pembukaan.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Drs. Ahmad Salawane mengatakan bahwa, penyelenggaraan MTQ tersebut menjadi ajang momentum khususnya bagi anak-anak muda untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci dan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur’an.

 

Pewarta: Hilda Fatgehipon & Lisa A.Umagapi

Editor: Anggi Buamona

Dokumentasi: Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close