Pemerintahan

PEMDA KEPULAUAN SULA RESMI MEMBUKA SELEKSI TERTULIS DAN WAWANCARA BAKAL CALON KEPALA DESA SERENTAK GELOMBANG KE-II TAHUN 2021

Sanana-Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus resmi membuka seleksi tertulis dan wawancara bakal calon kepala desa serentak gelombang ke-II Kabupaten Tahun 2021, bertempat di ruang aula Istana Daerah Kepulauan Sula. Kegiatan tes berlangsung selama dua hari terhitung dari tanggal 11 s/d 12 Desember 2021. Sabtu, (11/12/2021)

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kabag Pemerintahan Kepulauan Sula Suwandi H. Gani, STP., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki dasar pelaksanaan yang merujuk pada Peraturan Bupati Kepulauan Sula Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Tatacara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dan Peraturan Bupati Kepulauan Sula Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa. Maksud dan tujuan dari kegiatan yakni, melahirkan pemimpin yang cerdas dan cakap dalam pengambilan keputusan, serta mampu mengusung visi Sula Bahagia.

“Bakal calon kepala desa yang mengikuti seleksi berjumlah 39 orang dari enam desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa. Dengan rincian sebagai berikut; 7 orang dari desa Wailau, 7 orang dari desa Fat Iba, 7 orang dari desa Wainib, 9 orang dari desa Mangoli, 2 orang dari desa Fatkauyon, 7 orang dari desa Waisakai. Perlu diketahui, materi yang disajikan pada peserta bekerja sama dengan fakultas hukum Unkhair,” tandas ketua panitia Suwandi H. Gani, STP., M.Si.

Dalam sambutan Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus menegaskan bahwa banyak temuan kekeliruan pada pemilihan kepala desa pada tahun sebelumnya. Panitia harus benar-benar tertib dalam menjalankan teknis pedoman pemilihan kepala desa. Apabila selama proses pemilihan, menemui kendala, diharapkan untuk berkoordinasi dengan camat wilayah setempat.

“Saya berharap panitia memperhatikan pelaksanaan tata cara tahap demi tahap pemilihan. Saya mengajak masyarakat untuk menjaga stabilitas yang kondusif dan berpartisipasi aktif, agar pemilihan berjalan lancar, damai, dan tenteram. Selain itu, saya ingatkan untuk selalu mematuhi peraturan,” ajak Bupati Fifian Adeningsi Mus di sela-sela sambutan.

Bupati menekankan pada para bakal calon kepala desa untuk mengenggam erat dalam nurani untuk menerapkan visi misi Sula Bahagia dalam kerja-kerja kepala desa.

Rangkaian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala KUA kecamatan Sulabesi Tengah Idham Usia, S. Ag. Selanjutnya, diakhiri dengan pemakaian tanda pengenal peserta pada dua orang perwakilan dari bakal calon kepala desa secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus didampingi langsung oleh Forkopimda.

Pewarta : (Hilda Fatgehipon)
Editor : (Fatma Yoisangadji)
Dokumentasi : (Tim Media Diskominfo)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close