Pemerintahan

PEMDA KABUPATEN KEPULAUAN SULA GELAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA TAHUN 2022

Sanana—Bupati Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH secara resmi membuka acara pembukaan pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2022. Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh wakil bupati Ir. H. M. Saleh Marasabessy, M.Si, mantan rektor universitas Khairun Ternate yang dipercayakan menjadi ketua panitia seleksi Prof. DR. Husen Alting, SH., MH beserta anggota panitia seleksi JPT, serta ketua dan anggota tim asesor Badan Kepegawaian Negara. Acara tersebut digelar di pohea, tepatnya di kantor bupati lama. Rabu, 18/05/2022.
Dalam sambutan bupati Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH menyampaikan ucapan terima kasihnya pada seluruh pihak terkait penyelenggaraan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup pemerintahan Kepulauan Sula, terkhusus pada panita seleksi dan tim asesor Badan Kepegawaian Negara. Beliau berharap melalui acara tersebut, melahirkan pejabat yang profesional dan kompeten dalam melakukan tugas-tugas pelayanan publik.
“Saya percaya dan yakin, saudara-saudara sekalian merupakan harapan bagi daerah, dalam membawa perubahan, agar tercapainya tujuan dari pembangunan daerah, yakni menuju Sula bahagia,”tuturnya.
Pada kesempatan tersebut, laporan panitia yang dibacakan oleh Nawin M. Yasin, SE menyampaikan bahwa penyelenggaraan seleksi terbuka berdasarkan pada Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka Dan Kompetitif Di Lingkungan Instansi Pemerintah, serta Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 52 Tahun 2020.
Kegiatan yang diselenggarakan memiliki tujuan, untuk dapat menyaring dan mengetahui calon sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Sula yang berintegritas tinggi dan mempunyai rekan jejak yang baik. Sekaligus, memastikan terpilihnya calon pejabat yang memiliki kompetensi yang diperlukan untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dalam pelaksanaan seleksi terbuka, ada beberapa tahapan pelaksanaan yang dilakukan, yakni dengan membentuk panitia seleksi terbuka berdasarkan Keputusan Bupati Kepulauan Sula dengan ketua seleksi diketuai oleh Prof. DR. Husen Alting, SH., MH, serta empat anggota yakni: Dr. M. Rhinda, Ajam, Dedi Herdi, SH., M.Si, Dr. Salim, Ganiru S.Pd., M.Pd, Hasyim S.STP., M.Si. Kemudian, turut dibantu oleh sekretariat panitia seleksi dan tim asesor Badan Kepegawaian Negara yang juga dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati. Tim asesor secara langsung diketuai oleh Feronika Julita Sukadi, SE., M.AP beserta dengan empat anggota diantaranya: Yulius fransisco angkawijaya, S.Pi., M.Pi, Muhammad Khalik Laledak, ST., M.M, Irma bachtiar, dan Sabrina Matindas, SE.
Beberapa tes yang diikuti oleh para peserta seleksi yang berjumlah 28 orang yang telah sesuai dengan persyaratan, yang nantinya akan menduduki jabatan tinggi pratama sebanyak 17 jabatan dengan 15 jabatan yang memenuhi kriteria persyaratan. Seleksi terbuka meliputi tes komputer, tes kompetensi teknis yang terdiri dari tiga macam tahapan, yakni menulis makalah, wawancara dan rekan jejak. Sedangkan tes kompetensi manajerial yang dilakukan oleh tim asesor berupa psikometri, analisa kasus, dan LGD.

Pewarta : Hilda Fatgehipon & Wirda Masuku
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close