MasyarakatPemerintahan

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA JOKO WIDODO RESMIKAN (BTS) 4G SE-INDONESIA

DISKOMINFO SULA, Sanana–Presiden RI Joko Widodo meresmikan 4.988 Base Transceiver Station (BTS) 4G yang telah rampung dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) Kominfo di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), melalui video jarak jauh bersama perwakilan di berbagai titik se-Indonesia, yang digelar di Talaud, Sulawesi Utara. Kamis, 28/12/2023

Persiden Joko Widodo menyampaikan, “Negara kita ini negara pusat, 17 pulau yang dimiliki dengan kondisi geografis yang beragam. Sehingga penyiapan infrastuktur tidak mudah. Maka diperlukan kolektifitas untuk memperkuat kesatuan bangsa, maka diusahakan menyediakan infrastuktur digital.”

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan kepada para pihak terkait untuk menyelesaikan problem perihal pembangunan BTS demi kepentingan rakyat.

Di kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiyadi menjelaskan bahwa, administrasi dan hukum yang menjadi faktor utama keterlambatan peresmian BTS. Tercatat hingga Desember 2023 sebanyak 4.988 BTS dari total 5.618 BTS ditargetkan beroperasi penuh. Sedangkan sisanya akan dikebut untuk diselesaikan dengan memperhatikan kondisi geografis dan tantangan yang ada.

“Nanti masih ada kurang, yang di Papua ada sekian dibangun lagi. Yang penting ini yang kemarin terkendala masalah hukum bisa kita selesaikan,” tuturnya.

Untuk diketahui, sekitar 4.000 BTS yang sempat mandek, karena masalah hukum telah rampung dibangun. Jadi, total ada sekitar 6.000 BTS yang sudah selesai dikerjakan oleh BAKTI Kominfo.

Turut hadir dalam giat peresmian jarak jauh tersebut di antaranya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepulauan Sula Suryawati Buamona, Pemerintah Desa Pastina, Media Pers dan masyarakat Desa Pastina.

Pewarta : Hilda Fatgehipon & Lisa A.Umagapi
Editor : Gee Buamona
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close