Pemerintahan

PELATIHAN DAN BIMTEK PENGENALAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN KEPULAUAN SULA

Kepulauan Sula-Bertempat di aula desa Minaluli Kecamatan Mangoli Utara, UPTD Pertanian bekerjasama dengan Pemdes Minaluli menggelar program pemberdayaan masyarakat, dengan fokus utama pada pengenalan teknologi tepat guna untuk pertanian dan peternakan Kabupaten Kepulauan Sula. Senin, (17/01/2022)

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 (dua puluh lima) orang kelompok tani setempat, dengan di dampingi oleh koordinator penyuluh pertanian Mangoli Utara dan koordinator penyuluh pertanian Mangoli Barat. Materi yang disiapkan dalam kegiatan terdiri dari pengenalan tentang pengembangan ternak dan pengendalian hama penyakit pada tanaman hortikultura perkebunan yang disampaikan oleh Kepala UPTD Pertanian, Zainul Husen,

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjelaskan penggunaan alat dan teknologi dibidang pertanian dan peternakan yang tepat guna baik alat pertanian tradisional maupun modern pada kelompok tani, dimana bahwa pakan menjadi kebutuhan utama yang sering mengalami masalah, hingga saat ini sebagian besar peternak masih bergantung pada pakan hijauan yang semusim dan pemanfaatan limbah atau hasil sampingan dari tanaman pertanian,. Untuk itu perlu adanya penggunaan alat dan teknologi di bidang pertanian dan peternakan yang tepat agar pengembangan ternak dan pengendalian hama penyakit pada tanaman hortikultura perkebunan dapat dikembangkan dengan baik.

Perlu diketahui, sumber dana pada kegiatan yang digelar berasal dari Dana Desa Minaluli. Melalui kegiatan pemberdayaan dibidang pertanian dan peternakan ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi kelompok tani untuk lebih mengoptimalkan alat tani yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan maupun hasil tani dan ternak yang dihasilkan.

 

Pewarta           : Hilda Fatgehipon

Editor              : Anggi Buamona

Dokumentasi   : Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close