OlahragaPemerintahan

PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL, PEMDA KEPULAUAN SULA MENGGELAR KEGIATAN JALAN SEHAT DENGAN TEMA “SEHAT NEGERIKU, TUMBUH INDONESIAKU”

SANANA-Bertempat di Istana daerah (Isda), barisan jalan sehat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Sula H. M. Saleh Marasabessy, ditandai dengan pelepasan bendera. Kegiatan jalan sehat sekaligus upacara merupakan bagian  dari  Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 dengan tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku” yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Sula. Jumat, 12/11/ 2021.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kepulauan Sula H.M Marasabessy sebagai pembina upacara, bahwa penanganan Covid-19 harus dimulai dari hulu, yakni bersinergi dalam penanganan Covid-19. Belajar dari situasi pandemi, kita dituntut untuk segera berperan dalam transformasi kesehatan, yang meliputi layanan primer, pembangunan infrastruktur, sarana prasarana, SDM dan layanan akses.

Pasca upacara, Kepala Dinas Kesehatan Suryati Abdullah mengumumkan desa terbaik yang telah mencapai 100% vaksinasi, yakni Desa Fokalik. Dari keseluruhan jumlah warga desa, hanya tujuh orang warga yang dinyatakan bebas vaksin karena kesehatan.

Pada kesempatan itu pula, Wakil Bupati H.M Saleh Marabessy mengukuhkan duta vaksin remaja Kepulauan Sula sekaligus meresmikan Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Kepulauan Sula, ditandai dengan memukul gong. Peresmian pokjanal bagian dari  upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses pelayanan posyandu.

Posyandu memiliki peran penting dalam memutus mata rantai kematian ibu dan anak, gizi buruk dan stunting yang terjadi di Kepulauan Sula. Semoga adanya pokja  posyandu akan melahirkan generasi sula yang cerdas, kreatif dan bahagia, ungkap Wakil Bupati H.M Marasabessy di sela-sela sambutan peresmian pokja.

(Penulis, Hilda)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close