Pemerintahan

DINAS KETAHANAN PANGAN DAN TIM PENGGERAK PKK MENGGELAR LOMBA B2SA TINGKAT KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2021

Sanana-Wakil Bupati Kepulauan Sula Ir. H. Saleh Marasabessy, M.Si mewakili Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus, SH resmi membuka kegiatan lomba menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman tingkat Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2021 dengan tema “Cegah Stunting dengan Menu B2SA” yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Kepulauan Sula, bertempat di halaman Benteng De Verwachting Sanana. Jumat, (31/12/2021)

Kegiatan diawali dengan penilaian menu makanan peserta oleh dewan juri, yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan, Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK. Adapun yang mengikuti perlombaan yakni dari 12 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula, tetapi yang turut serta dalam lomba hanya 10 kecamatan diantaranya Kecamatan Sanana, Kecamatan Sanana Utara, Kecamatan Sulabesi Tengah, Kecamatan Sulabesi Timur, Kecamatan Sulabesi Barat, Kecamatan Sulabesi Selatan, Kecamatan Mangoli Timur, Kecamatan Mangoli Tengah, Kecamatan Mangoli Selatan dan Kecamatan Mangoli Utara Timur.

Menurut ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nurhayati Marasabessy mengatakan “pagelaran lomba ini diharapkan agar para peserta dan pihak yang terlibat untuk tetap semangat, tekun berlatih dan terus menciptakan inovasi dalam membuat menu baru yang lebih kreatif dengan tetap mengedepankan kandungan nilai gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga ada peningkatan yang lebih baik pada tahun depan dan dapat mengikuti lomba ini kembali”. Beliau juga mengajak para ketua Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa beserta anggota, untuk mari bersama-sama bergandengan tangan dengan OPD teknis terkait dalam hal mensosialisasikan konsumsi lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman pada 1000 HPK dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Sula.

Pada kondisi saat ini diketahui bahwa tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, sehingga untuk dapat hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif setiap orang harus mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang, baik berasal dari pangan sumber karbohidrat, protein (nabati maupun hewani) serta vitamin dan mineral. Upaya peningkatan atas asupan pangan dan nilai gizi yang seimbang akan berpengaruh pada pertumbuhan hidup manusia. Pedoman dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah dengan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang sebelumnya adalah empat sehat lima sempurna. Pedoman inilah yang terus menerus disosialisasikan agar kebutuhan gizi keluarga benar-benar terpenuhi pada seluruh masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Kepulauan Sula Hj Fifian Adeningsi Mus, SH oleh Wakil Bupati Ir. H. M. Saleh Marasabessy, M.Si menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini serta menganjurkan agar tetap dilaksanakan di tahun berikutnya, bahkan bila perlu lomba semacam ini sudah mulai ditingkat desa karena tumbuh kembang setiap orang sangat tergantung dari asupan pangan konsumsi. “Saya berharap pola konsumsi pangan yang sehat harus terus disosialisasikan kepada masyarakat guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran terhadap pangan beragam, bergizi seimbang dan aman guna meningkatkan kualitas hidup serta mendorong kreativitas masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman sesuai pangan lokal kita,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siti Hawa Marasabessy, SP mengatakan tujuan diselenggarakan acara tersebut dalam rangka mengenalkan kearifan pangan lokal pada masyarakat, sekaligus juga sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting di Kepulauan Sula. Melalui MoU yang ditandantangani oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK Kepulauan Sula, menjadi langkah untuk mensosialisasikan berbagai olahan pangan lokal yang mampu memenuhi kebutuhan harian individu.

Perlu diketahui, dalam lomba menu B2SA, para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piala. Untuk pemenangnya, Juara I diraih oleh tim PKK kecamatan Sulabesi Timur. Juara II diraih oleh tim PKK Kecamatan Sulabesi Barat, Juara III diraih oleh tim PKK kecamatan Mangoli Timur. Sedangkan juara favorit diraih oleh tim PKK kecamatan Sulabesi Selatan. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian hadiah dan piala pada para pemenang terpilih oleh Wakil Bupati Ir. H. M. Saleh Marasabessy, M. Si, ketua tim Penggerak PKK Kepulauan Sula Hj Nurhayati Marasabessy, dan perwakilan tiap pimpinan OPD penyelenggara kegiatan.

Pewarta : (Hilda Fatgehipon & Lisa Umagapi)
Editor : (Anggi Buamona)
Dokumentasi : (Tim Media Diskominfo)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close