Pemerintahan

PEMKAB SULA BERSAMA PT. LEN TELEKOMUNIKASI INDONESIA GELAR SOSIALISASI KEBERADAAN PENGAMANAN SARANA & PRASARANA PALAPA RING TENGAH

Sanana-Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH. resmi membuka acara Sosialisasi Keberadaan dan Pengamanan Sarana dan Prasarana Palapa Ring Tengah, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula dan PT LEN Telekomunikasi Indonesia, bertempat di Ruang Command Center Kantor Bupati. Selasa, (25/10/2022)

Bupati Hj Fifian Adeningsi Mus, SH menuturkan bahwa, konektivitas melalui Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan dan terus berkembang dengan berbagai inovasi. Namun, untuk mencapai itu semua dibutuhkan utilitas, terutama infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi dan informatika yang tetap terjaga dan pelihara sebagai tanggung jawab bersama.

“Sistem komunikasi kabel laut (SKKL) merupakan utilitas penting yang harus menjadi perhatian dari sisi keamanan akan keberadaannya,” tandasnya.

Beliau juga menegaskan pada para Kepala Pemerintah Kecamatan se-Kepulauan Sula mengingatkan kepada kepala desa untuk turut bekerja sama menertibkan warga desanya yang memiliki usaha rumpon, agar dapat diawasi dan dipelihara sehingga usaha yang ditekuni tidak menjadi penghalang bagi perangkat konektivitas internet di bawah laut.

Pada Kesempatan yang sama, Direktur PT LEN Telekomunikasi Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Direktur Purwo Suhastono menyampaikan, Badan Pusat Usaha Pelaksana dari Projektasi Nasional Palapa Ring sedang berkerja sama dengan Pemerintah dan Badan Usaha untuk jaringan telekomunikasi.

“Perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi, PT LEN Telekomunikasi Indonesia menilai langkah pengendalian terhadap utilitas SKKL sangat penting dan dukungan tersebut menunjukkan bahwa pemerintah memiliki perhatian tinggi terhadap keberadaan sistem komunikasi kabel laut (SKKL), karena perannya yang strategis untuk mewujudkan Indonesia sebagai DIGITAL PARADISE,” jelasnya.

Di pengujung acara pembukaan sosialisasi juga disertai dengan pemberian plakat penghargaan oleh Direktur PT LEN Telekomunikasi Indonesia kepada Bupati Kepulauan Sula, Kapolres yang diwakili Kasatpol Air, Dandim 1510/Sula, Ketua DPRD, dan Kajari Kepulauan Sula. Serta penyerahan sumbangan CSR dari PT LEN Telekomunikasi Indonesia berupa peralatan sekolah mulai dari alat tulis, tumbler dan tas sekolah kepada SD Inpres Bajo.

Sosialisasi ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Kepulauan Sula Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH. Sekda Kepulauan Sula, Forkopimda, Rombongan Perwakilan PT LEN Telekomunikasi Indonesia, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah, para Camat beserta Kepala Desa se-Kepulauan Sula,  dan para peserta lainnya yang terdiri dari para agen dan pemilik maupun asosiasi pemilik rumpon.

 

Pewarta : Hilda Fatgehipon, Wirda Masuku & Sumitra Latuconsina
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Tim Media Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close