Pemerintahan

MENUJU DESA DIGITAL, PEMKAB SULA MENJALIN KERJASAMA DENGAN BAKTI KOMINFO, APJII DAN KEMENDES DALAM RANGKA PROGRAM KEMITRAAN SERTA ASSESMENT BUMDes DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA

Kepulauan Sula-Demi pengembangan menuju desa digital, wakil bupati Kepulauan Sula Ir. H. M. Saleh Marasabessy, M.Si menerima kunjungan kerja sama dari delegasi Badan Aksesbilitas Teknologi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kominfo), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), PT Sinarmas Dirgantara, serta ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII) dalam rangka sosialisasi dan penjajakan program kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta assessment BUMDes di Kabupaten Kepulauan Sula guna menuju desa digital, yang dilaksanakan di ruang pertemuan Command Center, kantor Bupati Kepulauan Sula, desa Pohea, kecamatan Sanana utara. Kamis, 07/07/2022.

Wakil Bupati Ir. H. M saleh Marasabessy, M.si menyampaikan, bahwa pada masa kini, teknologi digital telah hampir tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Dalam hal ini, aspek ekonomi perlahan-lahan telah mengalami digitalisasi. Maka, penting bagi para pemangku kepentingan, terutama para camat dan kepala desa untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan pendapatan desa, melalui digitalisasi dalam bidang ekonomi. Terlepas dari kelemahan yang ada di kawasan Kepulauan Sula, diharapkan kepada kepala desa untuk segera membentuk bumdes bagi desa yang belum sama sekali ada. Hal ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam di Kepulauan Sula, yang selama ini masih mengalami berbagai kendala dalam sistem pengelolaan.

“Saya berharap adanya sistem pengelolaan saat ini masih sangat minim, padahal itu adalah peluang didaerah digitalisasi saat ini maka saya berharap melalui program yang diadakan oleh Kemendes dan Bakti Kominfo mampu menjadi upaya untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap teknologi digital,” tegasnya.

Menurut delegasi Bakti Kominfo Budi Setiyadi, penggunaan internet telah menjadi kebutuhan desa, sekaligus barometer untuk mengukur seberapa jauh ketertinggalan dari sebuah desa. Melalui sosialisasi dan penjajakan program kemitraan BUMDes, serta assessment BUMDes, menjadi tujuan dalam menindaklanjuti kerja sama sebagai mitra Bakti Kominfo. hal ini merupakan upaya untuk mempercepat penetrasi koneksi internet di desa-desa. Karena, jika koneksi internet hanya mengandalkan data seluler, belum mampu menjangkau segala kebutuhan masyarakat.

“Adanya penyelenggaraan layanan yang berbasis digital akan berdampak pada peningkatan pendapatan desa, maka Bakti Kominfo mangajak bekerja sama dengan masa kontrak tiga tahun, dengan pendampingan bumdes sekaligus pihak bumdes dengan peningkatan SDM dan melek digital dengan tujuan mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital,”tandasnya.

Perlu diketahui, desa-desa yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya adalah desa Falahu, desa Mangega, desa Waihama dan desa Pohea,. Dalam pertemuan tersebut, juga turut disertai dengan jajak pendapat antara pihak Bakti Kominfo dan Kemendes bersama kepala desa yang hadir. Setelah kunjungan berakhir di kantor Bupati, dilanjutkan dengan kunjungan ke BUMDes yang telah ditetapkan dalam agenda kegiatan sosialisasi tersebut.

Pewarta : Hilda, Lisa & Wirda
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close