Pemerintahan

PERINGATI HUT KE-23 TAHUN 2022 KODAM XVI/PATTIMURA GELAR ACARA PAPEDA MERAH PUTIH REKOR MURI

SANANA—Bertempat di halaman istana daerah Dad Hia Ted Sua, Kodim 1510/Sula menggelar acara papeda merah putih, sekaligus pemecahan rekor muri menyantap papeda terbanyak secara hybrid serentak bersama dalam rangka HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura Tahun 2022, dengan mengusung tema dua puluh tiga tahun pengabdian, Kodam XVI/Pattimura bertekad hadir membawa solusi sebagai prajurit pelindung dan perekat bangsa. Minggu, 22/05/2022

Menurut Pasiter Kodim 1510/Sula Kapten CHB. Harbun Buamona menyampaikan, pelaksanaan papeda merah putih dalam memeriahkan HUT Kodim XVI/Pattimura memiliki makna filosofis yang merefleksikan kearifan pangan lokal Maluku dan Maluku Utara, yakni makanan khas yang terbuat olahan sagu, yaitu sagu yang banyak ditemui dihampir sebagian besar wilayah tersebut. Selain itu pula, melalui papeda sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, sehingga kita tidak selalu bergantung pada beras.

Beliau menegaskan, acara yang digelar serentak dilaksanakan oleh Kodam dan Kodim di wilayah Maluku dan Maluku Utara, sebagai bagian dari menyemarakkan HUT Kodam XVI/Pattimura dengan target memecahkan rekor muri. Sekaligus, menjadi ajang komunikasi dan silaturahim antara TNI dengan jajaran forkopimda, maupun masyarakat—khususnya di wilayah kerja Kodim 1510/Sula. Sehingga tercipta harmonisasi dari berbagai elemen stake holder terkait dan seluruh lapisan masyarakat.

“Tujuan dari acara ini sebagai ruang untuk masyarakat lebih mengenal kami secara dekat, tanpa ada sekat. Melalui acara makan papeda massal, kami mengajak masyarakat untuk terlibat langsung untuk menyukseskan acara ini, dan menjadi bagian dari perayaan tersebut,”tandasnya tegas.

Beliau berharap, melalui acara maka papeda makin merekatkan hubungan antara TNI, Polri, pemerintah daerah maupun dan rakyat. Acara ini juga semakin menegaskan bahwa spirit pengabdian TNI itu lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat, tanpa rakyat TNI tidak bisa menjadi apa-apa.

Pewarta : Hilda Fatgehipon & Lisa A. Umagapi
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Tim Media Diskominfo

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close