Pemerintahan

PERINGATI HARI PANGAN SE-DUNIA KE-42 TAHUN 2022, PEMKAB SULA GELAR JALAN PAGI & LOMBA PROMOSI PANGAN (B2SA)

Sanana–Dalam rangka memperingati Hari Pangan se-Dunia ke-42 Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan Kepulauan Sula menggelar jalan pagi dan lomba promosi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA). Pelepasan peserta jalan pagi secara simbolis dilepas dengan bendera oleh Bupati Hj Fifian Adeningsi Mus, SH didampingi oleh jajaran Forkopimda, bertempat di halaman istana daerah Dad Hia Ted Sua. Jumat, 14/10/2022

Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba promosi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang diikuti oleh 8 Tim Penggerak PKK Kecamatan dari 12 Kecamatan se-Kepulauan Sula di antaranya, Sanana Utara, Sulabesi Tengah, Sulabesi Timur, Sulabesi Selatan, Mangoli Timur, Mangoli Tengah, Mangoli Selatan, Mangoli Utara.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siti Hawa Marasabessy, SP, lomba promosi pangan lokal sebagai upaya untuk sosialisasi pangan dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa, khususnya desa yang menjadi lokus stunting sesuai dengan tema Hari Pangan se-Dunia, yakni Leave NO ONE behind atau artinya Tidak Meninggalkan Siapapun di Belakang.

“Melalui agenda ini menjadi wadah sosialisasi mengenai isi piring bergizi yang mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral maupun nutrisi dibutuhkan oleh tubuh, yang diperoleh dari pangan lokal. Pemahaman ini penting bagi Ibu-ibu, agar nanti bisa mengedukasi anak-anak mereka untuk mengonsumsi pangan lokal,” tegasnya.

Beliau melanjutkan, kegiatan ini bagian dari kerja sama antara Tim Penggerak PKK Kepulauan Sula dengan Dinas Ketahanan Pangan Kepulauan Sula, yang juga termasuk dalam program Kementerian Kesehatan dan Badan Pangan Nasional.

Perlu diketahui, juara pertama lomba promosi pangan lokal diraih oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Sulabesi Tengah, juara kedua dimenangkan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Mangoli Utara, dan juara ketiga diraih oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Mangoli Tengah. Hadiah yang diberikan pada para pemenang juara dan harapan berupa trofi dan bonus uang tunai.

Agenda tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Sula beserta jajarannya, Ketua DWP Kepulauan Sula, Ibu-ibu persit Chandra Kartika Kepulauan Sula, Ibu-ibu Bhayangkari Kepulauan Sula, Ibu-ibu Adhyaksa Dharmakarini Kepulauan Sula, dan para ASN lingkup Pemda.

 

Pewarta : Hilda Fatgehipon
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close