KesehatanMasyarakatOlahragaPemerintahan

PERINGATI (HKN) KE-59, PEMKAB SULA GELAR JALAN SEHAT, PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN UPACARA

DISKOMINFO SULA, Sanana-Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula menggelar jalan sehat, pemeriksaan kesehatan, dan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan tema Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju, bertempat di halaman Istana Daerah Dad Hia Ted Sua. Minggu, 12/11/2023.

Bupati Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH bertindak sebagai pembina upacara, dalam amanahnya membacakan teks tertulis Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, “Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-info me trap, menjadi negara berpendapat tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045.”

Bupati menjelaskan bahwa, sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar transformasi kesehatan harus ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Namun, terakhir dan yang paling penting,” Transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Saya sering menyebutnya, pilar transformasi ke-7. Nilai-nilai dasar ASN berAKHLAK wajib kita hidup untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, dan professional,” tegas Bupati.

Menteri Kesehatan juga berpesan melalui sambutannya, mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Mari bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045.

Pasca upacara, dilanjutkan dengan penyerahan kartu BPJS kepada 8087 kepesertaan BPJS yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala BJPS, Bupati, Wakil Bupati, Wakapolres, dan Dandim 1510/Sula kepada lima orang peserta yang mewakili.

Kemudian, dilanjutkan lagi dengan Penyerahan piagam penghargaan kepada desa yang berpartisipasi aktif dalam mendukung dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Piagam tersebut diberikan kepada Desa Pastina, Desa Waibau, Desa Kou dan Desa Fagudu, yang diterima langsung oleh masing-masing kepala desa.

Selain itu juga ada undian berhadiah paket sembako dengan doorprize tiga buah motor bagi peserta yang mengikuti jalan sehat. Dan dilanjutkan dengan penandatangan komitmen Pemerintah Daerah bersama kader kesehatan se-Kepulauan Sula tentang percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2023.

Perlu diketahui, jalan sehat dan upacara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Muhlis Soamole, SH., ME, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD lingkup Pemda, Ketua TP PKK Kepulauan Sula, Ketua Dharma Wanita Kepulauan Sula, Bhayangkari Polres Kepulauan Sula, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1510/Sula, tenaga kesehatan se-Kepulauan Sula dan kader posyandu.

Pewarta : Hilda, Lisa & Wirda
Editor : Sumitra Latuconsina
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close