MasyarakatPendidikanReligi

PEMBUKAAN MTQ-X TINGKAT KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2024

DISKOMINFO SULA, Sanana-Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten Tahun 2024 mengusung tema “Merangkai Kehidupan Bersendikan Al-Quran Dalam Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula Yang Bahagia, Maju dan Berakhlak”, resmi dibuka dengan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati Ir. H. M. Saleh Marasabessy, M.Si didampingi unsur Forkompimda, bertempat di depan Benteng De Verwachting. (Jumat,10/05/2024)

Wakil Bupati Kepulauan Sula menyampaikan, Seiring dengan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an kali ini, bukan hanya dimaknai sebagai sebuah kegiatan seremonial saja, tetapi harus dipahami sebagai upaya membangun kesadaran untuk kepentingan pribadi, keluarga dan masyarakat dalam menjadikan Al-Qur’an sebagai inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan umat beragama.

Wakil Bupati Kepulauan Sula saat menyampaikan sambutan pembuka MTQ tingkat Kabupaten 2024

“Saya harapkan kepada generasi muda yang terlibat dalam kegiatan MTQ ini semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan dalam Al-qur’an. Serta menjaga nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar kafilah di arena MTQ ini sehingga menjadi motivasi dan semangat berlomba untuk meraih juara,” jelas Wakil Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sula yang diwakili Yamin Jul, S.Sos.I., M.Pd.I menegaskan, melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an yang digelar menjadi wujud nyata dalam mendorong rasa cinta pada generasi muda yang bersendikan Al-Qur’an

“Diharapkan kepada para dewan hakim yng telah dikukuhkan tetap menjaga integritas profesional dengan memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan para peserta dari masing-masing kafilah yang berlomba untuk penting menanamkan niat membumikan Al-Qur’an dalam keseharian,” harapnya.

Ketua Panitia, Drs. Ahmad Salawane saat menyampaikan laporan panitia

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Drs. Ahmad Salawane melaporkan bahwa, peserta yang mengikuti musabaqah tilawatil qur’an ke-10 tingkat Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2024, terdiri dari utusan 12 kecamatan dengan keseluruhan peserta berjumlah 202 orang.

Semarak Malam Pembukaan MTQ-X Tingkat Kabupaten Kepulauan Sula 2024

“Adapun jenis mata cabang lomba tilawatil Qur’an tingkat dewasa, remaja, anak-anak. Di antaranya meliputi, cabang tartil Qur’an, cabang qiraah sab’ah, cabang hifzil Qur’an, cabang Khattul Qur’an, cabang Sarhil Qur’an, cabang fahmil Qur’an serta Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an,” pungkasnya.

Semarak Pelepasan Pawai Ta’aruf MTQ-X Tingkat Kabupaten Kepulauan Sula 2024

Sebelumnya, rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an telah diawali dengan pawai ta’aruf yang diiringi marching band dari Madrasah Aliyah Negeri Sanana, yang diikuti oleh 12 kafilah kecamatan yakni; kecamatan Sanana Utara, kecamatan Mangoli Timur, kecamatan Sulabesi Tengah, kecamatan Mangoli Tengah, kecamatan Sulabesi Selatan, kecamatan Mangoli Barat, kecamatan Mangoli Utara, kecamatan Sulabesi Barat, kecamatan Mangoli Utara Timur, kecamatan Sulabesi Timur, kecamata Mangoli Barat, kecamatan Mangoli Selatan, dan kecamatan Sanana.

Pewarta : Hilda Fatgehipon & Wirda Masuku
Editor : Gee Buamona
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close