EkonomiPemerintahanWisata, Sosial dan Budaya

FESTIVAL TANJUNG WAKA MASUK EVENT UNGGULAN KEN 2024

DISKOMINFO SULA, Jakarta–Festival Tanjung Waka masuk 110 Event Unggulan KEN 2024, yang terdiri dari 100 event unggulan dan top 10 event diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Sabtu, 27/01/2024.

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang bertajuk "Budaya Indonesia Panggung Dunia" di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (27/1/2023).
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang bertajuk “Budaya Indonesia Panggung Dunia” di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (27/01/2024).

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, “sejak diluncurkan pada tahun 2021, KEN berhasil mendorong peningkatan perekonomian daerah. Diharapkan pada event KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.”

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutan pada acara Launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2024
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutan pada acara Launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2024

Tak lupa juga mengapresiasi kepada Kepala Daerah Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah mampu untuk menggerakkan industri pariwisata Indonesia. Diharapkan melalui ia juga bahwa kolaborasi bersama menjadi acuan dari kebangkitan pariwisata dunia.

Bupati Kepulauan Sula Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH yang turut menghadiri peluncuran KEN menyatakan, pelaksanaan KEN sepanjang 2023 telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Khususnya pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sulake di masa mendatang lebih berkualitas, dan mampu membangkitkan ekonomi di daerah.

“Alhamdulillah Festival Tanjung Waka masuk kalender Karisma Event Nusantara (KEN) yang akan di laksanakan pada tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia,” ungkap Bupati.

Untuk diketahui, 2 event festival Provinsi Maluku Utara yakni Festival Tanjung Waka dari Kabupaten Kepulauan Sula dan Festival Teluk Jailolo dari Kabupaten Halmahera Barat yang terpilih sebagai salah satu dari 110 event unggulan, setelah melalui beberapa tahapan kurasi, dari 252 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, proses kurasi melibatkan Tim Kurator yang terdiri dari lima bidang. Di antaranya adalah Bidang Ide dan Inovasi, Bidang Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Bidang Manajemen Kegiatan, Bidang Manajemen Keuangan, dan Bidang Analisis Dampak.

Pewarta : Hilda Fatgehipon
Editor : Gee Buamona
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close