EkonomiMasyarakatPemerintahanWisata, Sosial dan Budaya

FESTIVAL TANJUNG WAKA TAHUN 2023 BERKONSEP EKOWISATA RESMI DITUTUP

DISKOMINFO SULA, Sanana-Perhelatan Festival Tanjung Waka yang diselenggarakan pada 4-6 November 2023 dengan mengusung tema Pemberdayaan Komunitas Lokal dalam Peningkatan Eco-Edu Konsep Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan, di Pantai Tanjung Waka, Desa Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur resmi ditutup. Senin, 06/11/2023

Wakil Bupati Ir. Hi. M. Saleh Marasabessy, M.Si menyampaikan, Festival Tanjung Waka merupakan promosi parawisata dan budaya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula. Hal tersebut dalam rangka mengajak pengunjung atau wisatawan untuk mengenal lebih dekat pesona Indonesia Timur. Baik dari sisi alam, budaya dan tradisi, ekonomi kreatif serta keramahtamahan masyarakat.

Wakil Bupati menegaskan, “Bahwa konsep utama pelaksanaan Festival Tanjung Waka tahun ini, mengedepankan konsep ekowisata. Sehingga dalam kesempatan ini, saya berpesan kepada semua pihak agar berkomitmen untuk mendeklarasi kabupaten kepulauan sula bebas sampah plastik.”

Lebih lanjut, Wakil Bupati juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut menyukseskan Festival Tanjung Waka, baik TNI/Polri, panitia FTW, serta masyarakat Kepulauan Sula.

Pada pengujung acara penutupan, juga diumumkan penghargaan juara atas partisipasi instansi/lembaga dalam menyemarakkan Festival Tanjung Waka. Di antaranya, kategori konsep terbaik FTW 2023, juara pertama diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan, juara kedua diraih oleh Dinas Perindakop, dan juara ketiga diraih oleh Dinas Pertanian. Sedangkan untuk Arsitektur FTW 2023, juara pertama diraih oleh Bagian Keuangan, juara kedua diraih Bappeda dan juara ketiga diraih oleh Dinas P2KB. Sedangkan untuk kategori pelayanan publik, juara pertama diraih oleh Diskominfo, kedua diraih oleh Dinas DP3A dan juara ketiga oleh Bagian Hukum.

Penutupan Festival Tanjung Waka turut dihadiri oleh unsur pimpinan maupun perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sula Muhlis Soamole, SH., ME, Anggota DPRD Kepulauan Sula, Asisten I Drs. Ahmad Salawane, Staf Ahli Bupati Hi. Kamaluddin Sangaji, A.Md, pimpinan OPD lingkup Pemda, para pelaku usaha, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Pewarta : Hilda, Lisa & Wirda
Editor : Sumitra Latuconsina
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close