KesehatanMasyarakatPemerintahan

DPPKB KEPULAUAN SULA GELAR SARASEHAN HASIL PEMUTAKHIRAN PENDATAAN KELUARGA TAHUN 2024

DISKOMINFO SULA, Sanana-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kepulauan Sula menggelar Pelaksanaan Sarasehan Hasil Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2024, bertempat di Hotel Beliga, Sanana. Senin, 06/05/2024.

Mengutip dari Catatanmalut.com, Kepala DPPKB, Marini Nur Ali menyampaikan, melalui kerjasama berbagai pihak, Pemutakhiran Pendataan Keluarga Kepulauan Sula dapat diselesaikan tepat waktu. Hasil pendataan tersebut, kini telah dirilis dan dapat diakses di Portal Pendataan Keluarga yang tersinkron dengan website Sistem Informasi Keluarga (SIGA).

Lebih lanjut, Marini menjelaskan, hasil pendataan yang dilakukan tersebut harus juga dibarengi dengan perhatian pada beberapa indikator program kependudukan dan KB. Terutama yang bertalian erat dengan program Bangga Kencana dan Stunting di beberapa desa yang telah ditetapkan sebagai lokus stunting.

“Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Keluarga Berisiko Stunting (Verval KRS), menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Pendataan Keluarga, karena turut andil dalam percepatan penurunan stunting di Kepulauan Sula. Melalui Verval KRS, kita dapat mengetahui jumlah keluarga berisiko stunting. Maka, program stunting bisa diupayakan untuk tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat target,” ungkap Marini.

Pada kesempatan yang sama, Marini berharap melalui kegiatan tersebut, bisa menjadi wadah untuk dapat mengatur strategi dan mengatasi indikator yang bermasalah. Sehingga Kabupaten Kepulauan Sula bebas dari “prioritas awas”, dan masuk kategori biru/aman dalam pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana di tahun 2025.

Pewarta : Hilda Fatgehipon
Editor : Gee Buamona
Dokumentasi : Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close