Pemerintahan

BIMTEK PENGUATAN KAPASITAS KOMPETENSI BARANG/JASA PEMERINTAH

Sanana-Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar bimbingan teknis penguatan kapasitas kompetensi level-1 SDM pengelola barang/jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ir. Hi. M. Saleh Marasabessy, M.Si. bertempat di aula pertemuan istana daerah Dad Hia Ted Sua. Selasa, 18/10/2022

Sambutan Bupati Hj. Fifian Adeningsi Mus, SH. yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan bahwa, salah satu kesuksesan pembangunan sangat dipengaruhi oleh efektivitas pelaksanaan barang dan jasa Pemerintah pada masing-masing instansi/lembaga pemerintahan daerah Kepulauan Sula. Kesuksesan tersebut diukur dari segi kualitas maupun kuantitas SDM ditandai dengan terpenuhinya kompetensi SDM di dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara efektif dan efisien serta tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku.

Beliau melanjutkan, “Agenda ini juga merupakan upaya Pemerintah untuk menekan ketidakefisien pelaksanaan proses pengadaan barang dan jasa sistem elektronik atau lebih dikenal dengan E-procurement termasuk di dalamnya E-Purcasing dan E-Catalog.”

Menurut Laporan Panitia Penyelenggara yang dibacakan oleh Barkah Soamole, SE., M.Ec., Dev. selaku Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), menjelaskan tujuan dari bimbingan teknis tersebut ialah meningkatkan pemahaman dan membagi pengalaman bagi para pejabat dan anggota BPJB, PPK, PP, Admin Sirup RUP dan para perencanaan pemerintah mengenai tata kelola pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Tujuan lainnya sebagai bagian koordinasi dalam pelaksanaan pencapaian tingkat kematangan BPJB sebagai salah satu strategi daerah untuk menunjang program nasional pencegahan korupsi tahun 2022-2023 sesuai amanat Perpres 54 Tahun 2018 Tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi,” tandasnya.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18-20 Oktober 2022 tersebut diikuti oleh sebanyak 37 orang dari total 160 undangan yang disebar untuk para pejabat/ personel di lingkungan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, serta pejabat/pegawai pengelola barang dan jasa di masing-masing OPD di lingkup Pemerintah Kepulauan Sula.

Untuk narasumber yang mengisi kegiatan tersebut berasal dari kalangan akademisi yakni Dr. Jufri Jacob, SE., M.Si., CPOF. dan perwakilan dari BPBJ Pemerintah Provinsi Maluku Utara Krisnawanto, S.T., M.Si.

 

Pewarta : Hilda Fatgehipon
Editor : Anggi Buamona
Dokumentasi : Tim Media Diskominfo Sula

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close