Posted By Diskominfo

Jakarta, Kelapa adalah komoditi unggulan Daerah yang selama ini diolah menjadi kopra, seperti yang kita ketahui bersama harga kopra selalu bermasalah yang dikarenakan kualitas kopra dan pasaran Dunia yang kurang baik sehingga berdampak sampai ke Daerah-daerah.

Dengan adanya masalah seperti ini maka, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes membentuk Tim terpadu dan melakukan kunjungan dibeberapa Kecamatan dan desa untuk mengambil data sekaligus menyampaikan keinginan Pemerintah Daerah untuk mengalihkan pengolahan komoditi kelapa menjadi Crude Coconut oil (CCO) dan mengalihkan pengolahan kopra biasa hitam ke kopra putih.

Kamis 06 Desember 2018, Bertempat di ruang Rapat Direktorat Jenderal Perdagangan dalam Negeri RI, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes didampingi Kepala Dinas Koperindag, Ketpang, Kominfo, dan Kadis PPRD melakukan pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan RI guna membahas komoditi unggulan kelapa yang selama ini diolah menjadi kopra dengan beberapa produk inovasi lainnya hal tersebut kemudian Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula mendapat apresiasi yang sangat baik dari Ibu Dirjen Perdagangan Dalam Negeri RI, Ir. Tjahya Widayanti, MSc Beliau mengatakan selaku Pemerintah Pusat akan membantu menurunkan Tim untuk melakukan pengkajian lebih detail dan langkah apa saja yang bisa dibantu, ini semata-mata untuk membantu masyarakat secara bertahap selain pembahasan tentang program inovasi olahan kelapa selain kopra juga membahas komoditi yang lain seperti mente dan sagu. (eby)