Posted By Diskominfo

Sanana 28 November 2018, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes memberikan sambutan sekaligus Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Sula bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, turut menghadiri Kapolres Sula, AKBP Try Yulianto, SIK, M.Si, Pj. Sekda H. Umar Umabaihi beserta para pimpinan SKPD.

Dalam sambutannya Bupati Sula mengatakan kita telah melewati proses panjang untuk merumuskan dan menyempurnakan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara KUA-PPAS) menjadi rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Kepulauan Sula tahun anggaran 2019, oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD yang terhormat, yang telah berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam proses penyusunan rancangan APBD Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2019 yang telah disinkronkan dengan pencapaian prioritas Nasional, sebagaimana Permendagri Nomor 38 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2019. Pendapatan Daerah dalam penyampaian rancangan Peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2019 dirancang sebesar Rp. 804.000.000.000.- apabila dibandingkan dengan anggaran sebelumnya sebesar Rp. 811,7 Milyar, berarti mengalami penurunan sebesar Rp.  7,6 M atau 0,9%, komponen yang direncanakan adalah sebagai berikut :

1.            Pengelolaan Pendapatan Daerah

a.            Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 sebesar Rp.  26,6 Milyar

b.            Dana Perimbangan sebesar Rp.  679 Milyar

c.             Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp.  98,3 Milyar

2.            Pengelolaan Belanja Daerah

Rancangan APBD tahun 2019 diasumsikan sebesar Rp.  827,6 Milyar dimana belanja tidak langsung sebesar Rp.  362,4 Milyar sedangkan belanja langsung sebesar Rp.  465,2 Milyar.

Tambah Bupati Hendrata Thes anggaran yang disampaikan hari ini merupakan rancangan anggaran APBD tahun ke tiga dari RPJMD 2016-2021 yang akan menunjukkan kinerja anggaran yang baik sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat untuk kesinambungan program pembangunan sesuai dengan yang kita cita-citakan bersama. (eby)(Ms)