Posted By : Diskominfo

oleh: YULITA, SE (Kabid Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal )

Produk Unggulan Daerah (PUD) merupakan suatu barang atau jasa yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu daerah, yang mempunyai nilai ekonomis dan daya saing tinggi serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, yang diproduksi berdasarkan pertimbangan kelayakan teknis (bahan baku dan pasar), talenta masyarakat dan kelembagaan (penguasaan teknologi, kemampuan sumberdaya manusia, dukungan infrastruktur, dan kondisi social budaya setempat) yang berkembang di lokasi tertentu. Pengembangan ekonomi lokal merupakan proses membangun dialog dan kemitraan aksi para pihak yang meliputi pemerintah daerah, para pengusaha, dan organisasi-organisasi masyarakat lokal. Pilar-pilar pokok strateginya adalah meningkatkan daya tarik, daya tahan, dan daya saing ekonomi lokal. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat bagi semua pihak di daerah dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja baru, peningkatan dan pengurangan kemiskinan secara signifikan. Dalam rangka upaya pembangunan ekonomi daerah, inventarisasi potensi wilayah/masyarakat/daerah mutlak diperlukan agar dapat ditetapkan kebijakan pola pengembangan baik secara sektoral maupun secara multisektoral. Salah satu langkah inventarisasi/identifikasi potensi ekonomi daerah adalah dengan mengidentifikasi produk-produk potensial, andalan dan unggulan daerah pada tiap-tiap sub sektor.

Produk unggulan daerah menggambarkan kemampuan daerah menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumberdaya secara nyata, memberi kesempatan kerja, mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah, memiliki prospek untuk meningkatkan produktivitas.

Visi dan Misi Daerah

  • Visi :

Menjadikan Kabupaten Kepulauan Sula Sebagai Daerah Industri Terpadu di Maluku Utara Mandiri dan Bersahaja

  • Misi :

Mewujudkan peran aktif masyarakat dan dunia usaha”

Visi dan Misi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu :

  • Visi :

Efisiensi dan efektivitas pelayanan penanaman modal untuk masyarakat kepulauan sula agar mandiri, maju dan beretika

  • MISI  :

Terwujudnya masyarakat Kepulauan Sula yang memiliki kompetensi untuk bersaing”

Adapun yang menjadi latar belakang  pada rancangan proyek perubahan ini adalah untuk pengembangan gan Produk Unggulan Desa, dapat mengidentifikasi produk-produk unggulan di masing-masing desa, dapat melakukan  promosi secara terus menerus, serta tersedianya tempat penjualan atau pemasaran yang tetap, maka untuk peningkatan pengembangan potensi unggulan daerah harus dilakukan promosi produk secara kontinyu, tersedianya kader promosi produk unggulan local, adanya sinkronisasi program antar opd stekholder.

Produk unggulan daerah menggambarkan kemampuan daerah menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumberdaya secara nyata, memberikan kesempatan kerja, mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah, memiliki prospek untuk meningkatkan produktivitas dan investasinya (uli).