Posted By Diskominfo

(foto Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes berpose bersama para Kepala Daerah Kepulauan dan pesisir tampak pada baris depan keenam dari kiri)

 

Jakarta, 4 Oktober 2018, bertempat di Hotel Borobudur, Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes beserta seluruh Kepala Daerah Kepulauan dan Pesisir menghadiri acara Prospek Penataan Potensi Kemaritiman Indonesia  , yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia ( ASPEKSINDO) Duta Besar Indonesia untuk China dan Mangolia sebagai pembicara, turut hadir dalam acara ini utusan dari Menteri Dalam Negeri, Kementrian Maritim dan BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Acara ini bertujuan agar Indonesia dapat membentuk kekuatan ekonomi dengan hasil maritim, potensi maritim Nasional dalam versi Kementrian Perekonomian RI mencapai 1,33 Trilliun per tahun, sumber dari perikanan dan budidaya, energi dan pertambangan, transportasi laut, wisata bahari, bioteknologi, industry jasa kelautan, industry pengolahan ikan dan perikanan tangkap. Sasaran Nasional ini untuk mengkolaborasi dan memaksimalkan peran insan maritim Indonesia dan Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia serta pelaku pembangunan nasional lintas sektor, guna memberikan gambaran potensial tentang prospek pengembangan rugulasi dan kegiatan bisnis kemaritiman nasional tahun 2019-2024. China mampu mengolah maritimnya kurang lebih 50%, tetapi Indonesia baru mengolah maritimnya dibawah 22%. Duta Besar Indonesia dari China dan Mangolia membawa kurang lebih 10 investor dari China yang akan menanamkan modal di Indonesia terutama kemaritiman sehingga diharapkan kepada seluruh Kepala Daerah  Kepulauan dan pesisir di seluruh Indonesia untuk dapat memaksimal dan mendayagunakan potensi kemaritimannya tak ketinggalan adalah Kabupaten Kepulauan Sula Sebagai Daerah yang kaya akan potensi maritimnya. (eby)