Diposting pada 17/09/2018

SOSIALISASI: Kadis Kominfo Ikhwanudin Umasangaji memberikan materi saat sosialisasi program. Ft ikram/malut post

SANANA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kepulauan sula (Kepsul), mensosiliasikan program kerja yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan kepada  seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Hal ini dilakukan melalui kegiatan diskusi yang dihadiri Bupati Kepsul Hendrata Thes beberapa lalu. Kadis Kominfo Kepsul Ikhwanudin Umasangaji menuturkan, tujuan sosialisasi program agar seluruh kegiatan SKPD dapat bersinergi dengan Kominfo. ”Misalnya ketersediaan akses internet, Kominfo bisa membantu OPD dalam mensosilisasikan program,” kata Ikhwanudin.
Dia menjelaskan, OPD harus dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai bagian dari pengembangan program. Apalagi lanjutnya, Kominfo dalam beberapa waktu kedepan menyiapkan program berbasis data online yang bisa membantu kerja SKPD dalam waktu yang singkat. ”Kita bisa buat surat menyurat secara elektronik bahkan bisa menerima arahan bupati melalui video konferensi,” tandasnya.
Tambahnya,  program Diskominfo berkaitan langsung dengan OPD. Internet  menunjang kerja SKPD. Selain itu melalui program command center sebagai bank data, juga menyediakan aplikasi dan website,  agar seluruh kebijakan  berada dalam satu jalur.  "Melalui website juga memperkenalkan Sula  di dunia luar," ujarnya.
Dia mengaku command center juga mempermudah bupati maupun SKPD mengontrol setiap laporan kegiatan sekaligus memberikan  perintah. "Sehingga seluruh program bisa diukur capaiannya oleh SKPD maupun bupati," jelas Ikhwanudin. (ikh/onk/pn).